Senin, 20 Januari 2014

Tips Aman Antar Jemput Sekolah di Musim Hujan

Kini perhatikan tips ini mungkin akan mengetahui bagaimana cara aman antar jemput sekolah anak anda di musim hujan. Musim hujan tidak dapat dihindari, dan menimpa bukan hanya anda melainkan kepada semua orang.

Yang perlu dilakukan adalah mencari solusinya dan bukan dijadikan bahan keluhan karena mengeluh tidak menyelesaikan masalah. Apalagi hujan bukan hanya menimpa anda saja, beberapa juga menghadapi permasalah yang sama.

Berikut ini tips aman antar jemput sekolah pake motor di musim hujan

A. Perlengkapan yang harus disiapkan.

  1. Siapkan jas hujan,
    Lebih baik yang model baju celana karena lebih aman dan nyaman. Pakai model ponco (model batman) juga bisa. Anak anda sebaiknya memakai baju hujan model celana-baju lalu lindungi juga dengan ponco yang anda pakai. Bila memungkinkan sebelum memakai baju hujan, supaya hangat, pakailah jaket atau switer.
  2. Pake helm model open face
    Model ini, bila pandangan kabur kaca bisa dibuka dan cipratan air hujan tidak terkena mata. 
  3. Sarung tangan
    Kalau bisa gunakan yang kulit agar pegangan ke Handgrip (stang) tidak licin.
  4. Masker
    Gunakan dari bahan kain untuk menutupi hidung dan mulut agar tidak terkena percikan air dari jalan.
  5. Sepatu Boot karet
    Ini penting buat kaki. Bila tidak punya maka gunakan sepatu atau sandal biasa dari bahan karet.
  6. Bila membawa tas maka bawa tas punggung karena lebih aman dan bisa digendong. Gunakan tas dengan bahan parasit agar tidak tembus air.
  7. Bensin
    Periksa bensin sebelum berangkat antar jemput. Isilah terlebih dahulu agar jangan sampai kehabisan ditengah jalan ketika hujan turun mengguyur anda.

B. Cara Mengendarai Motor

Ini juga sangat penting untuk dijadikan perhatian. Keselamatan dan kenyamanan di jalan tentu menjadi jaminannya. Hati-hatilah selalu dijalan karena beberapa kondisi saat hujan memerlukan tingkat konsentrasi dan kewaspadaan yang lebih dari anda.

Berikut ini tipsnya :
  1. Kurangi angin ban/tekanan ban depan dan belakang bila memang hujan sudah turun. Hal ini untuk menghindari selip atau terpeleset karena jalan licin.
  2. Nyalakan lampu depan/lampu pendek/lampu kabut. Bila ada nyalakan lampu kedip bila hujan sanga deras sehingga pandangan menjadi pendek.
  3. Kurangi kecepatan. Jangan terlalu cepat, santai saja.
  4. Hindari melintas/melindas genangan air karena dikhawatirkan ada lobang atau kondisi jalan rusak.
  5. Hindari berkendara secara bergerombol untuk menghindarkan senggolan atau tabrakan. 
  6. Atur jarak berkendara baik dengan motor atau mobil di depan, belakang dan samping. 
  7. Selalu menggunakan lampu sen bila akan belok dan atau menyalip kendaraan lain. Bila memungkinkan bantu dengan melambaikan tangan untuk lebih mendapat perhatian pengendara lain.
  8. Tetap dilajur dan jalur anda berkendara. 
  9. Bila hujan deras sekali dan kilat menyambar-nyambar,  jangan paksakan terus melaju, lebih baik berhenti di tempat yang aman dan usahakan tidak berhenti di badan jalan atau pinggir jalan raya. 
  10. Perhatikan Celah Menganga di Jalan. Dalam kondisi tertentu ada jalan yang kondisinya memiliki garis lubang memanjang yang menganga dan memungkinkan ban motor terperosok masuk ke celah itu. Bila terperosok tentu akan jatuh. Kondisi ini tentu sangat berbahaya karena ada kendaraan lain yang ada dibelakang. 
  11. Perhatikan pula jalan yang memiliki beda ketinggian dengan sisi tegak. Bila anda melindas dan dalam ke adaan kencang maka dapat menyebabkan ban depan selip dan pengendara bisa terlempar dari kendaraan. Maka tingkatkan ke-hati-hatian selalu.
Semoga bermanfaat.

Wass

SD Islam/Mi Unggulan Daarul Ilmi Cikarang

Bantu bagikan info ini kepada
rekan2 Anda bila bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar