Minggu, 10 Desember 2017

SDIT DIC dan 7 Rahasia Sepatu Tali

Ada apa dengan sepatu tali? Setiap pagi sejak masuk sekolah, sejak hari pertama, anak kelas satu terlihat sedang membuka sepatu sendiri. Bukan sepatu 'prepet-prepet-preper':):):), tetapi sepatu tali. Ternyata anak-anak sejak hari pertama dianjurkan memakai sepatu tali di SDIT DIC. Ada rahasia besar di balik itu semua.Apa saja?
=============================
Belum gabung FB SDIT DIC?
Silahkan gabung dulu sekarang!

=============================


SDIT DIC memanfaatkan momen ini, yakni, aktivitas, sehari-hari, untuk menjadi media belajar anak. Sepatu, salah satunya adalah anak memakai sepatu bukan sepatu prepet, tapi memakai sepatu tali. Entah nama jenis sepatu ini apa yang jelas nama populernya sepatu prepet. Siswa sejak hari pertama mengenakan sepatu tali.

Memakai sepatu prepet lebih mudah untuk anak daripada memakai sepatu tali. Bisa jadi ada anak yang belum bisa sama sekali memakai sepatu, bahkan memakai sepatu prepet. Mereka memakai sepatu masih di bantu orang tua. Eh....ini malah harus memakai sepatu tali.

Inilah rahasia mengapa SDIT DIC menajurkan siswa sepatu tali sejak hari pertama masuk sekolah. 
Intinya adalah anak menjadi bisa secara langsung belajar dikehidupan nyata melalui aktivitas yang pasti mereka akan melakukannya yakni memakai tali sepatu. Banyak pelajaran yang akan mereka petik.

Setidaknya ada 6 pelajaran :
Pertama : 
Pelajaran langsung. Anak secara otomatis belajar skil tentang bagaimana cara memakai sepatu. Lama-lama ia menjadi bisa dan terbiasa. Biasanya tali sepatu diikat dengan cara simpul pita. Bukan simpul mati. 

Kedua :
Anak belajar urutan, prosedur, langkah-langkah. Tentu terkait memakai sepatu maka anak sudah belajar tentang urutan, langkah-langkah bagaimana supaya sepatu bisa terpasang di kakinya. 

Anak belajar tentang manajemen. Fungsi manajemen meliputi POAC. Planing-Organising- Actuating-Contorling. Anak mempraktekkan/melaksanakan. Actuating. Anak belajar bagaimana memakai sepatu dengan benar.

Ketiga :
Anak berlatih kesabaran dan berlatih mengelola emosi. Memakai sepatu perlu kesabaran. Karena bisa menghabiskan waktu lebih banyak saat ia sedang memakainya. Bila belum bisa kadang emosi anak terpancing. maka disinilah pengelolaan emosi sedang dilatih. Jadi bukan hanya sabar tetapi juga melatih kematangan dan kecerdasan emosi. 

Keempat :
Anak belajar target. Anak akan belajar bagaimana sepatu terpasang dengan benar dan lebih cepat. Tidak mungkin ia terus belama-lama berkutat memakai sepatu. Maka dengan demikian anak sudah belajar bagaimana menyelesaikan target.

Kelima : 
Anak belajar teratur. Memakai sepatu tali ada caranya. Tidak bisa talinya digulung sembarangan asal lipat asal gulung. Anak belajar teratur, bagaimana tali sepatu harus di ikat dengan cara mengikat yang benar. Jangan sampai mengikatkan tali-nya dengan simpul mati. Nanti susah di buka.

Keenam :
Belajar tenang. Memakai sepatu tali tidak bisa dengan tergesa-gesa. Apalagi anak sambil marah-marah atau kesal karena sulit mengikatkan tali. Maka anak belajar untuk tenang. 

Ketujuh :
Belajar hati-hati. Begitupun tali tidak boleh sembarangan mengikat. Jangan sampai tali mati karena nanti sepatu sulit di buka. Juga anak belajar memeriksa dan memastikan tali sepatu tidak mudah melorot. Atau tali menguntai panjang. Ini berbahaya. Tali sepatu yang menguntai panjang khawatir ke injak kaki sebelahnya saat jalan karena bisa menyebabkan badan jatuh. Selain itu khawatir talai melilit ban sepeda atau motor saat pulang ke rumah. Maka anak belajar hati-hati.

Penulis :
Sunaryo Saripudin S.Pd.

===========================
Berikut ini cara daftar SDIT DIC

Terimakasih ibu bapak sekarang sedang mengunjungi SDIT DIC. Semoga info cara daftar ke SDIT DIC ini bisa membantu ibu bapak menjadi lebih mudah melakukan daftar ke SDIT DIC.

Sekolah berkualitas dengan biaya terjangkau merupakan komitmen SDIT Daarul Ilmi Cikarang. Semoga ibu/bapak disekitar JABABEKA, SUKAMAHI, DELTAMAS. CIKARANG TIMUR, CIKARANG PUSAT dapat terbantu dengan kehadiran SDIT Daarul Ilmi Cikarang.

SDIT Daarul Ilmi Cikarang sudah mulai menjadi pavorit dan alternatif pilihan bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah berkualitas tapi biayanya sangat terjangkau.

SDIT Daarul Ilmi Cikarang menerima siswa baru dan siswa pindahan.
SDIT DIC juga membuka pendaftaran siswa Indent supaya ibu bapak tenang dalam menyiapkan sekolah sang buah hati untuk tahun mendatang.

DIC singkatan dari Daarul Ilmi Cikarang. Juga SDIT Daarul Ilmi Cikarang MENERIMA murid baru dan PINDAHAN kelas 1, 2, 3, 4, 5.

Bagi yang mau daftar sekarang
ke SDIT DIC
silahkan hub WA/Telp : 08 777 920 5554
===============================
SDIT Daarul Ilmi Cikarang
"SEKOLAHNYA CALON PARA JUARA"
===============================
Gabung di FB :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar