Jumat, 27 Desember 2019

Apa Makanan Utama Otak

Bagaimana pentingnya “makanan” bagi otak dan hal yang tidak mustahil dilakukan oleh otak?

Kekurangan Oksigen Bisa Berdampak Serius ke Otak.
Menurut penelitian, akan dampak permanen kepada kerusakan otak karena oksigen merupakan “makanan” utama yang mendukung kinerja otak untuk berfungsi secara maksimal dalam proses berpikir serta interaksinya dengan organ lain.

Kekurangan oksigen dalam 5-10 menit ternyata sangat mungkin merusak otak secara permanen.

Dalam dunia medis  ini disebut sebagai Cerebral hypoxia. Penyebab utamanya yaitu kebutuhan otak yang sangat memerlukan oksigen secara konstan untuk berfungsi secara normal.

Otak mebutuhan oksigen cukup besar. Tubuh kita juga merupakan suatu kesatuan sistem yang memerlukan oksigen, termasuk otak.

Oksigen masuk bersamaan dengan udara yang kita hirup dan diteruskan ke paru-paru untuk proses terjadinya difusi di dalam paru-paru.

Oksigen yang dihirup akan ditukar dengan karbon dioksida ketika kita menghembuskan udara keluar. Oksigen ini nantinya akan didistribusikan ke seluruh tubuh secara merata.

Menurut penelitian kebutuhan oksigen untuk otak adalah sekitar 20% dari total kebutuhan oksigen tubuh. Angka yang cukup besar untuk organ tubuh seberat 1,5 kg. (Sumber : kumparan.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar