Oleh : Sunaryo Saripudin S.Pd.
Bagaimana cara informasi diserap oleh anak?
Pemahaman mengenai 'bagaimana anak menyerap informasi'
adalah sangat penting. Ini adalah salah satu pemahaman dasar dalam
belajar yang harus di ketahui oleh semua pihak yang terlibat dalam
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Saya sendiri meyakini dan
berpendapat bahwa guru selain menguasai bahan ajar, adalah wajib
mengetahui pemahaman dasar mengenai psikologi perkembangan anak, cara
menguasai kelas (siswa), dan bagaimana anak menyerap informasi. Jadi
seorang guru wajib menguasai dua hal utama. Pertama, bahan ajar. Kedua,
bagaimana cara menjadikan bahan ajar itu sampai kepada anak (cara
mengajar) dalam situasi yang menyenangkan dan anak tidak merasa
tertekan.Bahan ajar adalah informasi. Informasi di sajikan oleh guru
dalam KBM. Informasi ini masuk dengan cara diserap oleh anak melalui 3 pintu.
- Pertama, Visual = melihat, mengamati (penglihatan,pengamatan)---mata
- Kedua, Auditorial = Mendengar---------telinga
- Ketiga, Kinestetik = mencium, meraba, melakukan/praktek, Gerakan-----Panca Indra
Bagaimana
mengemas informasi supaya lebih mudah diserap? Bagi saya sendiri
bahasan ini termasuk salah satu yang sangat menarik. Bagian ini penuh
tantangan karena perlu memeras daya kreativ kita.
Namun
ada beberapa cara yang setidaknya dapat membantu kita menyajikan
informasi dengan harapan informasi tersebut mudah di serap oleh anak.
Informasi akan mudah diserap jika memiliki beberapa hal sbb :
1. Asosiasi yang intens
2. Asosiasi Indra (Terutama Visual)
3. Menonjol/berbeda
4. Diulang-ulang
5. Buat banyak Jeda
6. Sesi awal dan sesi akhir
7. Konteks Emosional (marah, sedih, cinta)
8. Punya Keutamaan Secara Pribadi
9. Kebutuhan untuk bertahan hidup
Semoga bermanfaat!!!!Ada pendapat lain.....silahkan beri tambahan.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar