Rabu, 15 Januari 2014

Program Unggulan SD Daarul Ilmi Cikarang

Menata Konsep Program Unggulan 

SDIT DIC berharap menjadi sekolah berkualitas yang menjadi SDIT unggulan dan menjadi SDIT pavorite ibu bapak. Meskipun menjadi sekolah unggul dan pavorite SDIT DIC akan tetap berusaha istikomah dengan biaya pendidikan yang terjangkau.

Bagaimana pandangan mengenai sekolah unggulan ini? Sekolah sebagai komunitas mesti punya tujuan untuk mengangkat sebuah hal sebagai program unggulan. Manfaat dari sekolah mempunyai program unggulan adalah :

1. Mudah bagi orang tua siswa mengingat apa keunggulan dari sebuah sekolah, dan sisi lain tentu sangat berguna sekali dalam penyebaran daya tarik terhadap sekolah bersangkutan.

2. Guru dan murid merasa punya kebanggan terhadap sekolah. Siswa merasa bangga bersekolah di tempat yang punya keunggulan

Program unggulan ini dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Program unggulan yang bersifat akademis.
Membina murid untuk diikutsertakan lomba atau olimpiade yang berhubungan dengan mata pelajaran tertentu. Subjeknya : Biasanya Matematika dan sains. Olimpiade matematika dan sains sering diadakan sebagai cara untuk mengukur pemahaman terhadap konsep.

Sekolah yang memilih program ini sebagai program unggulan secara rutin menjaring dan melatih muridnya agar bisa berkompetisi.

2. Program unggulan yang dihasilkan dari ekskul
Ekskul yang dimaksud adalah ekskul kesenian (musik, tari, drum band, teater dll) Olahraga dan Life skills (keterampilan hidup) seperti pramuka dan palang merah remaja.

Ciri sekolah yang memilih program unggulannya dari sisi ekskul adalah suasana sekolah yang sibuk dan ramai setelah pulang sekolah bahkan di hari libur. Banyak sekali keuntungan dari keputusan sekolah untuk mengambil program unggulan dari sisi ini. Guru dan murid terpacu untuk menghasilkan yang terbaik.

Ekskul pramuka misalnya, jika dikelola dengan baik terbukti membuat karakter siswa menjadi terbentuk dan sangat berguna saat dewasa. Jika ekskulnya berbayar, guru akan lebih semangat lagi karena menambah penghasilan.

Jika sekolah dan orang tua siswa sepakat bisa juga menyewa profesional untuk melatih siswanya dalam bidang tertentu. Tentunya hal ini akan membawa konsekuensi dalam hal pembiayaan.

Profesional bidang musik, vokal, drum band, tari dan drama adalah orang-orang yang bisa dilibatkan dalam memajukan program unggulan melalui ekskul di sekolah.

3. Program unggulan yang dilakukan secara terintegrasi dengan proses pembelajaran di sekolah. Termasuk dalam program unggulan jenis ini adalah reading program (program membaca, di mana siswa membaca buku secara kontinyu digolongkan dan dimonitor setiap hari oleh guru). Ini sangat bagus sebagai upaya memupuk rasa cinta membaca.

Ukuran sebuah program unggulan berhasil adalah jika orang tua siswa ingin memasukkan ke sekolah karena ia tahu bahwa sekolah tsb unggul dalam suatu bidang tertentu berdasarkan pertimbangan yang ia terima dari orang lain.

Atau jika surat kabar dan majalah serta televisi meliput tanpa dibayar oleh pihak sekolah. Mereka datang karena mendengar atau karena melakukan pencarian di google.

Sebuah sekolah adalah persemaian siswa untuk bisa berkontribusi positif di masyarakat. Sekolah wajib membuat siswanya merasa bangga pada tempat ia bersekolah dan menuntut ilmu.

Dengan sekolah berkonsentrasi pada program unggulan maka pada saat yang sama sekolah sedang membuat ‘branding’ atas nama sekolah dimata masyarakat.

Untuk Menuju Program Unggulan SD Daarul Ilmi Cikarang
maka SDIT DIC menetapkan :
  1. 6 PILAR SDIT DIC
  2. 11 PROGRAM SDIT DIC
  3. Program KHAS DIC
-------------------------------------------------------
SD ISLAM/MI Daarul Ilmi Cikarang memiliki tenaga pendidik dari lulusan sarjana pendidikan dan sarjana agama diantaranya dari UPI (Bandung); dan UIN (Bandung) yang memiliki pengalaman bertahun-tahun mengajar menjadikan jaminan dan optimisme dapat menghasilkan kualitas yang diharapkan para orang tua.

Tekad Kehormatan SD DIC 
Terus belajar dan melakukan PERBAIKAN untuk memberikan KEPUASAN dengan output terbaik menjadi SD favorit PILIHAN orang tua dengan pengajar yang berkualitas (menguasai KBM dan memahami dunia anak) santun dan menyenangkan.

Target 2017 : 
Kami seluruh staf/pengajar SDIT Daarul Ilmi Cikarang sangat senang tahun 2018 sudah menjadi SDIT pilihan favorite orang tua yang memberikan pendidikan dengan kualitas tinggi dan biaya terjangkau.

Metode Belajar
Metode Khas DIC - Quantum Learning - Accelerated Learning - Mind Map - Learning by doing - Pembiasaan - CBSA - Outing - Privat & Kolosal

Muatan Pendidikan
PUBLIC SPEAKING -WRITING CLUB - PEMBENTUKKAN AKHLAK - BACA IQRA/QUR’AN - TEKNOLOGI KOMPUTER - PENGENALAN INTERNET - LEADERSHIP - ENTREPRENEURSHIP - HAPALAN QUR’AN (JUZ 30)/HADITS/DOA - PRAKTEK (PEMBIASAAN) IBADAH DASAR.



1 komentar: