Senin, 15 Mei 2017

SDIT maksudnya apa yaa??

Sekolah Islam Terpadu pada hakekatnya adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan Al-Qur’an dan As Sunnah.

Dalam aplikasinya sekolah Islam Terpadu diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum.

Sekolah islam terpadu juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konatif atau Psikomotorik. Sekolah Islam Terpadu juga memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah.

Dalam penyelenggaraannya memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif lingkungan belajar yaitu sekolah, rumah dan masyarakat.

Dengan sejumlah pengertian di atas dapatlah ditarik suatu pengertian umum yang komprehensif bahwa sekolah Islam Terpadu adalah sekolah Islam yang diselenggarakan dengan memadukan secara integrative nilai dan ajaran Islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif dan pelibatan yang optimal dan koperatif antara guru dan orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetisi murid. (jsit-indonesia.com)

Sekolah Islam Terpadu pada hakekatnya ialah sekolah yang menerapkan rancangan pendidikan islam yang berlandaskan Al-Quran dan Hadist.

Dalam prakteknya Sekolah Islam Terpadu dapat diartikan sebagai sekolah yang mengaplikasikan pendekatan penyelenggaraannya dengan memadukan antara pendidikan umum juga pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum.

Sekolah Jenis ini juga menekankan keterpaduan didalam metode pembelajaran hingga nantinya dapat mengoptimalkan unsur yang berdasarkan kepada pengetahuan faktual yang empiris, afektif serta yang berhubungan dengan psikologis pada mental.

Sekolah Islam Terpadu juga menyatuan pendidikan aqliyah, ruhiyah serta jasadiyah. Dalam pengadaannya memadukan keterlibatan serta partisipasi aktif pada lingkungan belajar yaitu sekolah, rumah ataupun juga dalam masyarakat.

Dengan beberapa pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Sekolah Islam Terpadu ialah sekolah islam yang diadakan dengan mengkombinasikan secara integrative nilai serta ajaran islam dalam bangunan kurikulum dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif serta pelibatan yang optimal dan koperatif antara peran seorang guru juga orang tua , serta masyarakat guna membina sebuah karakter serta kompetensi murid.

Sekolah Islam Terpadu muncul sebagai sebuah solusi dari keresahan berbagai masyarakat muslim yang mendambakan adanya sebuah institusi pendidikan islam yang memiliki komitmen untuk dapat mengamalkan nilai – nilai ajaran islam dalam sistemnya, serta bertujuan supaya siswanya mempunyai kompetensi yang imbang antara ilmu kauniyah serta ilmu qauliyah, antara fikriyah, ruhiyyah juga jasadiyyah, sehingga mampu mencetuskan generasi pemuda muslim yang berilmu, berwawasan luas serta bermanfaat bagi orang lain.

Dengan tujuan menciptakan siswa yang memiliki kecerdasan IQ, Kecerdasan EQ dan Kecerdasan SQ yang tinggi serta kemampuan beramal atau kerja yang baik.(almasoem.sch.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar