Senin, 08 Mei 2017

SDIT Wirausaha di Cikarang

Sekolah dasar di cikarang salah satunya adalah SDIT Daarul Ilmi Cikarang (DIC). SDIT Daarul Ilmi Cikarang (DIC) sejak awal berkomitmen untuk menjadi sekolah yang berkualitas dan biaya terjangkau. Dan sejak pendiriannya hingga saat ini, penerimaan siswa baru-angkatan ke-4- meskipun para orang tua sangat antusias ingin memasukkan sekolah ke SDIT DIC, tidak ada kenaikan biaya masuk.

Bapak ibu bisa memilih SDIT Daarul Ilmi Cikarang (DIC) sebagai pilihan untuk mengekolahkan buah hati dengan kualitas sesuai harapan tapi biaya terjangkau.

Salah satu terobosan yang diunggulkan adalah SDIT Daarul Ilmi Cikarang (DIC) mengembangkan budaya wirausaha. SDIT Daarul Ilmi Cikarang (DIC) berharap menjadi SDIT Wirausaha di Cikarang yang bisa mutualisme dengan semua orang tua sehingga bisa menghadirkan sekolah berkualitas tapi terjangkau dan bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh orang tua.

Muatan kurikulumnya diantaranya : Leadership, Entrepreneurship, Manajemen Diri, Manajemen Qolbu, dll. Inilah yang mungkin tidak ada di SDIT lain. Beberapa kegiatan untuk menguatkan jiwa kewirausahaan diantaranya :


  • Market day, 
  • Pemilihan contoh kalimat dalam soal latihan. Misalnya : Bapak sedang berjualan di pasar. Kakak sedang membangun kontrakkan samping rumah, dll. 
  • Pemilihan kegiatan : Memakai sepatu tali sendiri sampai bisa (memakai sepatu tali wajib di SDIT DIC). Banyak pelajaran yang akan diperoleh anak dari memakai sepatu tali sendiri. Seperti : Ketekunan, ketelitian, kesabaran, teknis/keterampilan (bagaimana cara menalikan tali sepatu yang benar), belajar berproses, belajar menempatkan sesuatu dengan benar. 
  • dll.
Kewirausahaan yang ditanamkan kepada anak bertujuan untuk menempa diri anak mencakup diantaranya :

  • Kemandirian
  • Mengenal cara berdagang/bisnis (Market day)
  • Mau berproses
  • Tekun dan bersabar 
  • Punya keterampilan/Skil
  • Mengerti nilai uang
  • Mengerti bagaimana ayah ibu begitu gigih mendapat uang dan uangnya untuk anaknya (siswa), niai perjuangan, nilai balas budi, nilai berbakti, dll
  • Penyadaran masa depan
  • dll.

Mengapa ini penting? Pasti PENTING. Tak terbantahkan, mental wirausaha sangat penting untuk anak dan wajib ditanamkan sejak dini.
Perhatikanlah :

  • Setiap aktifitas kehidupan siang dan malam tak lepas dari adanya transaksi. Tansaksi menggunakan uang. Jadi anak harus dikenalkan nilai-nilai terkait uang. Ayah ibu mencari uang banting tulang tiada lain hanya untuk anak. Maka anak harus berbakti dengan cara belajar sungguh-sungguh. Efeknya banyak. Mengenal uang dan fungsinya, mengenal bagaimana cara mendapatkannya dengan halal dan benar, mengenal bagaimana cara memanfaatkannya dengan benar sesuai nilai sosial dan spiritual, agama islam tentunya, dll.
  • Anak menjalani hidup yang sebenarnya bukan sekarang, saat masih SD, tapi beberapa tahun mendatang. Maka wajib bagi orang tua memilihkan sekolah yang bisa "MENGANTARKAN ANAK UNTUK BISA HIDUP DIJAMANNYA." Salah satunya adalah mental mandiri, skil keuangan yang mumpuni sehingga tidak kesulitan keuangan saat ia dewasa dan berumah tangga, punya pandangan/impian (visi masa depan), punya konsep hidup, mengenal manajemen diri, mengenal kendali diri (manajemen qolbu dll.


Bagaimana menumbuhkan kewirausahaan kepada orang tua :
SDIT Daarul Ilmi Cikarang dan yayasan akan terus mengembangkan kerjasama atau layanan-layanan yang bisa mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan bagi orang tuan. Tentunya program ini sangat membantu dan sangat bermanfaat dalam jangka panjang.

Program yang sdang berjalan dan akan dikembangkan, seperti :

  • Tabungan harian : Menjadikan ibu punya dana cadangan untuk biaya sekolah yang dibutuhkan. Tabungan ini dibagikan saat bagi raport. Tabungan ini sangat membantu orang tua dikala kondisi keuangan mendesak dan mepet. Tetapi diutamakan tabungan ini untuk persiapan kenaikan kelas berikutnya karena membutuhkan beberapa biaya. (Buku paket, misalnya)
  • Tabungan persiapan kelulusan. Tabungan ini itung-itung uang lupa. Bapak ibu bisa menyisihkan semampunya dari uang belanja harian atau bulanan. Pengambilannya saat bagi raport semester 1 kelas 6. Punya uang besar saat mau lulus, asik bukan? (sedang di persiapkan sistemnya)
  • Tabungan Pengadaan Kendaraan Jemputan : Tabungan ini lebih asik lagi karena bapak ibu bukan hanya nabung, tapi bisa dapat hasil dari tabungan ini, berupa bagi hasil. Bagi hasil kisaran 70%. Tabungan akan dijadikan modal untuk pengadaan mobil jasa jemputan untuk murid SDIT DIC. Siswa ada jemputan, dan orang tua ada keuntungan. Krennnn. Tabungan ini bisa jadi salah satu pilihan yang menguntungkan tak sebatas menabung. Uang aman, untung kebagian. Bapak ibu kini punya ternak uang. hehehe. Asik bukan?
  • Program lainnya untuk menjadikan orang tua punya peluang bagus dengan membina kerjasama sekolah dan orang tua, terus akan menjadi agenda unggulan.

Biaya sekolah SDIT di cikarang kebanyakan berbiaya 8 juta ke atas. Beberapa di atas belasan juta. Masing-masing mungkin punya kebijakan sendiri-sendiri. Hanya saja untuk beberapa orang tua mungkin harus mengurut dada, mau menyekolahkan tapi biaya 8 juta sangatlah berat. Bapak ibu mungkin akan terkejut setelah mendengar biaya masuk SDIT Daarul Ilmi Cikarang yang mungkin sangat terjangkau.

Mana sekolah yang mungkin cocok untuk sang buah hati tentu kembali lagi kepada ibu bapak dan mungkin kembali lagi pertimbangannya pada kemampuan kantong. Orang tua pasti ingin menyekolahkan anaknya pada sekolah yang bagus-berkualitas- tapi dengan biaya yang terjangkau. benar?

Bila demikian, bapak-ibu mungkin bisa memilih SDIT Daarul Ilmi Cikarang. Masalah kualitas tentu bukan hanya sebatas persepsi atau kata orang, tapi harus juga kulitas sesuai KBM dan hasilnya. Yang bahaya adalah melihat kualitas hanya karena bangunannya WAH. Bangunan wah bisa jadi salah satu pertimbangan bahwa sekolah ini berkualitas. Tapi kualitas sebenarnya terletak diantaranya pada proses KBM, hasil belajar yang melekat pada pribadi siswa.

SDIT Daarul Ilmi Cikarang (DIC) sejak awal berkomitmen untuk menjadi sekolah yang berkualitas dan biaya terjangkau. Dan sejak pendiriannya hingga saat ini, penerimaan siswa baru angkatan ke-4, meskipun para orang tua sangat antusias ingin memasukkan sekolah ke SDIT DIC, tidak ada kenaikan biaya masuk.

Mohon beri tahu juga tetangga bapak ibu barangkali sedang mencari SDIT yang bagus tapi terjangkau.

Pendaftaran dan Informasi :
Hubungi sekarang ke :
WA : 08 777 920 555 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar