Jumat, 29 September 2017

Taekwondo, Ekskul SDIT DIC

Meskipun penting, mungkin tak semua orang tua siswa mengetahui hal ini. Dalam teori pendidikan modern dinyatakan bahwa tantangan fisik sangat berpengaruh secara positif terhadap pembelajaran anak. Begitu bapak ibu membaca buku Quantum Learning karya Bobbi De Porter & Mike Hernacki maka teori ini bisa bapak ibu temukan di situ.



Pahami baik-baik. anak-anak kita butuh ruang untuk berkembang dan tumbuh bukan hanya melalui rangkaian KBM di dalam kelas. Salah satu pembelajaran melalui tantangan fisik diwujudkan oleh SDIT DIC dalam bentuk pelatihan Takewondo. SDIT Daarul Ilmi Cikarang memilih Tae Kwon Do sebagai sarana untuk mendukung perkembangan karakter anak supaya lebih optimal dan melekat pada diri anak. Taekwondo merupakan program ekstrakurikuler wajib bagi seluruh siswa SDIT DIC. Semua harus mengikuti secara rutin.
--------------------------------------------------------------------------------
Informasi & Pendaftaran SDIT DIC :
(WA) 08 777 920 5554
blog : www.sd-daarulilmicikarang.blogspot.com
fb : fb.com/sd.daarulilmicikarang
--------------------------------------------------------------------------------
Senang sekali rasanya karena orang tua sangat mendukung kegiatan ini. Toh kegiatan ini sangat positif dan untuk sang anak sendiri, bukan untuk orang lain. Merekalah yang akan merasakan manfaatnya sekarang maupun jangka panjang.

Semoga saja tidak ada orang tua yang tidak mendukung kegiatan anaknya sehingga pada saat siswa lain bergembira dan dapat ilmu bela diri sementara ada anak yang tidak mengikuti karena tidak dipahamkan oleh orang tuanya.

Jangan-jangan bila ini terjadi secara tak sadar orang tua sedang menanamkan bibit perilaku tidak disiplin kepada sang anak. Tapi........entahlah!!Kita tidak bisa menebak apa yang anak tangkap dari sikap orang tua yang pasti dampaknya akan melekat pada sang anak.

Apa saja manfaatnya? Setidaknya pelatihan taekwondo ini ada 10 manfaat untuk anak, sebagaimana yang dinukil dari smartmama.com dan  DeviTirtawirya (Pengajar di Universitas Negeri Yogyakarta) yang dimuat di taekwondopulogebang.wordpress.com.

----------------------------------------------------------------------
1. Latihan Fisik
Anak-anak harus diajarkan jenis latihan gerak yang sesuai dengan usianya. Selain ceria, sehat, juga mengembangkan motorik anak.

Taekwondo membuatnya menjadi tangkas dan kuat. Gerakan-gerakan pada latihan taekwondo dapat melatih ketangkasan Si Kecil. Reflek saat menangkis serangan lawan, kuat menerima pukulan di badan, gesit dalam pertarungan, itu semua akan didapatnya pada latihan yang disiplin.



2. Melindungi dari Bullying
Seorang anak yang jago bela diri tentu saja akan aman terhindar dari ganguan anak seusianya. Di dunia anak, khususnya anak laki-laki, menjadi jagoan adalah sebuah nilai yang mereka pandang hebat. Tak jarang untuk menunjukkan kejagoannya, seorang anak melakukan bullying pada anak lain yang lebih lemah. Seorang anak yang mempunyai kemampuan bela diri tentu akan segan dibully oleh anak lain. Tapi harus ditanamkan bahwa ilmu bela diri yang dipelajarinya hanyalah sebatas pembelaan diri, bukan untuk menjadi seorang jagoan apalagi untuk membully anak lain.


3. Pengendalian Diri
Anak-anak harus diajar untuk “mengelola sendiri” tindakan mereka sendiri. Jika orangtua tidak menetapkan batas-batas, atau jika mereka menetapkan batas dan tidak konsisten dalam menegakkannya, akan membuat sulit bagi anak-anak mereka untuk belajar pengendalian diri. Taekwondo memiliki aturan perilaku yang ketat. Jika anak ingin melanjutkan pelatihan dan bersaing dengan teman-teman mereka, maka harus belajar untuk mengendalikan tingkah laku mereka.

4. Fokus
Taekwondo mengajarkan anak-anak untuk memperhatikan dan meminimalisir gangguan dari luar. Anak-anak meminimalisir gangguan dan berkonsentrasi pada gerakan sempurna baik saat berlatih maupun bertanding.

5. Respek dan Lebih Mudah Bergaul
Taekwondo mengajarkan anak-anak untuk menghormati setiap waktu pada semua orang, dan mereka mendapatkan rasa hormat dalam ukuran yang sama seperti saat mereka memberikan rasa hormat pada orang lain.

Kadang seorang anak tidak hanya menemukan teman seusianya di tempat latihan. Dia harus berinteraksi dengan anak yang lebih muda atau lebih tua yang mengenakan warna sabuk yang sama. Di sanalah ia belajar menghormati dan menghargai.

6. Percaya diri & Berani
Taekwondo membantu anak-anak menjadi ahli tentu saja di bidang taekwondo, yang kemudian membentuk mereka lebih percaya diri. Semua orang tahu bahwa jika anda bagus pada satu hal, anda menjadi percaya diri dalam hal itu. Kepercayaan diri mempengaruhi kehidupan anak.


Keberanian menentukan berapa banyak kebebasan pengalaman anak. Rasa takut akan kembali ke anak dan mencegah anak dari mencoba hal-hal baru, mengejar peluang , dan menjalani kehidupan selanjutnya. Taekwondo membantu anak-anak menghadapi ketakutan mereka dan mengalahkannya. Ketika mereka mendapatkan lebih banyak keberanian, mereka tidak takut untuk mencoba hal-hal baru. Anak sedang mengalami pertumbuhan, zona kenyamanan menyusut dan ia menarik diri dari kehidupan. jika seorang anak selalu takut, dia merasa kurang mampu menghadapi lingkungannya.



7. Pengembangan Spiritual
Membantu anak mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang nyata dengan Allah. Orang tua sebaiknya memahamkan bahw muslim yang kuat lebih di cintai oleh Allah daripada muslim yang lemah.

8. Kejujuran
Kejujuran adalah lebih dari sekedar menghindari kebohongan. Kejujuran adalah tanda sehat harga diri, karena orang jujur mengambil tanggung jawab atas tindakan nya.Seorang anak yang merasa baik tentang dirinya tidak perlu melakukan penipuan. Taekwondo mengajarkan anak-anak untuk bersikap jujur.


9. Cara Pandang Positif Terhadap Masa Depan
Anak-anak perlu melihat hidup mereka secara positif, bukan negatif. Instruktur Taekwondo pasti memperbaiki ketika anak melakukan teknik yang salah, memuji mereka dan memberitahu mereka bagaimana memperbaiki teknik. Akibatnya, siswa memiliki pandangan positif tentang masa depan mereka dan merasa mampu melakukan sesuatu.

10. Kegigihan/Keteguhan & Memacu Sikap Berprestasi
Kadang-kadang, hal-hal dalam hidup tidak datang dengan mudah. Beberapa anak memakan waktu lebih lama untuk mendapatkan peringkat di Taekwondo daripada yang dilakukannya untuk anak-anak lainnya. Taekwondo mengajarkan anak-anak untuk tidak menyerah dan bahwa mereka dapat berhasil jika mereka bertahan dan mau tetap berusaha.

Berlatih taekwondo tak hanya sekadar latihan rutin saja. Tetapi juga ada peningkatan jenjang. Biasanya, dilihat dari sabuk yang dikenakan, misalnya, sabuk putih, kuning, hijau, coklat, dan seterusnya. Peningkatan jenjang inilah yang dinamakan sebuah prestasi. Tak hanya itu saja, anak-anak juga bisa mengikuti event perlombaan sejenis yang bisa memacu untuk bisa berprestasi pada hal yang positif. 

Demikian 10 manfaat pelatihan taekwondo. Semoga bermanfaat.
--------------------------------------------------------------------------------
Informasi & Pendaftaran SDIT DIC :
(WA) 08 777 920 5554
blog : www.sd-daarulilmicikarang.blogspot.com
fb : fb.com/sd.daarulilmicikarang
--------------------------------------------------------------------------------
Mau lihat foto-foto kegiatan taekwondo lebih banyak? Klik sekarang album kegiatan taekwondo SDIT DIC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar