Senin, 26 Februari 2018

Tabungan Dana Pendidikan Anak

Bagaimana caranya membiayai sekolah terasa lebih ringan dan enjoy?Bapak/Ibu mungkin sudah mengetahuinya bahwa ibu akan merasa lebih lega ketika sudah mempunyai cadangan dana untuk biaya pendidikan anak, betul? Untuk menjadikannya terasa ringan maka harus pandai-pandai mengatur keuangan.

Biaya pendidikan akan terus ada dan ibu membutuhkannya betul? Sejauh yang ibu sudah perkirakan, setidaknya ada 3 biaya dalam proses pendidikkan anak. Meliputi :

Biaya selama Sekolah : 
Mungkin meliputi hal-hal berikut : Biaya untuk SPP, biaya untuk kunjungan/kegiatan sekolah ke luar, biaya ekstra kurikuler, biaya kenaikan kelas, biaya beli seragam, biaya beli buku-buku pelajaran, dll.

Biaya akhir Tahun :
Mungkin meliputi : Biaya kelulusan, sumbangan yayasan/sekolah, Study Tour, dll.

Biaya Melanjutkan ke Jenjang Berikutnya :
Tahun 2017, pendidikan di negeri masih gratis. Semenjak 2018 maka sekolah sekolah negeri pun memungut kembali iuran. SMA rata-rata 300 ribu perbulan.

Menyiasatinya adalah menyisihkan uang belanja dapur atau sengaja di anggarkan untuk menyisihkannya di tabungan. Menabung sedikit demi sedikit jauh jauh hari bukankah lama-lama akan menjadi bukit?

Ibu tidak perlu mondar-mandir dan ribet-ribet nabung ke bank karena perlu waktu khusus dan kadng harus antri panjang. Cara yang mudah dan nyantai adalah ibu bisa menitipkannya dengan cara nabung khusus biaya pendidikan di BMT DIC, sambil sekalian mengantar atau menjemput anak. Mudah kan?

Ibu bisa nabung untuk persiapan biaya sekolah di DIC, ataupun termasuk untuk kakanya yang mau ke sekarang mau ke SMA atau ke perguruan tinggi. Silahkan manfaatkan.

Apakah aman? 
Selama ini di sekolah manapun, lancar-lancar saja. Justru bank-lah yang pernah bangkrut, bahkan bukan hanya 1 bang tapi banyak. Dan uang nasabah entah bagaimana nasibnya karena yang di jamin oleh lembaga penjamin keuangan, maksimal hanya 2 milyar.

Kapan bisa diambil?
Tabungan bisa diambil pada saat jelang kelulusan, yakni kelas 6 semester 1, saat pembagian rapor anak.

Buat ibu, apa Manfaat layanan menabung ini?
Setidaknya ada 3 manfaat.
Pertama :
Dengan nabung maka biaya aman dan nyaman, ibu pun bisa leluasa menunggu kelulusan dan mencari sekolah mana untuk melanjutkan ke SMP.

SMP IT kisaran biayanya 10 jt ke atas. Ada juga beberapa sekolah yang biaya masuknya di bawah harga tersebut.

Kedua :
Tabungan tersebut akan mendapat SHU halal s/d 60%, sesuai ketentuan. Maka ibu bukan hanya menambung tapi juga mendapat tambahan pemasukkan. Dari mana SHU berasal? Dari pendapatan BAP terdapat uang bangunan yang sudah ditentukan. Maka SHU diperhitungkan dari dana itu berbanding dengan dana penabung dan total peroleh uang bangunan. Uang bangunan di asumsikan pemasukkan bersih.

Mengapa pola ini dipilih?
Pertama:
Orang tua menabung khusus ini mendapat manfaat pemasukkan dari tabungannya berupa SHU s.d 60% sesuai ketentuan.

Kedua :
Nabungnya sederhana, tidak ribet dan tak perlu waktu khusus untuk antri dan nabung. Cukup titip ke anak saat pergi sekolah atau sambil antar jemput.

Ketiga :
Uang orang tua aman, Sekolah terbantu pengadaan fasilitas sekolah, dengan demikian, karena tidak adanya investor yang dominan maka sekolah bisa memberi kebijakan biaya terjangkau saku, sementara kualitas bagus dan bermutu. Lain halnya bila sekolah langsung berinvestasi besar, bisa jadi penetapan biaya sekolah teraksa harus tinggi pula. Padahal bila bicara kualitas, tentu acuan pengukurannya sama sesuai petunjuk pemerintah dan rapor siswa. Mungkin ada juga kegiatan lainnya misalnya, ektrakurikuler dan kegiatan khusus lainnya.

Semoga bermanfaat.

Manfaatkan layanan ini
Supaya meringankan dan happy...Mulailah menabung!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar